Teknologi informasi
ikut mewarnai dunia perbankan. Kehadiran sistem online yang ditangani oleh
teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang
dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada di mana saja. Pada perkembangan
selanjutnya, sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin ATM
(Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic
Teller Machine), yang memungkinkan nasabah bisa mengambil uang tanpa harus
tergantung oleh jam kerja bank. Ekspansi ATM juga dilakukan dengan membuat ATM
bersama yang memungkinkan nasabah sebuah bank bisa mengambil pada ATM milik
bank lain.
Tak puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memperkenankan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja, langkah bank tak berhenti sampai di situ. Dengan semakin banyak perorangan yang mengakses Internet, nasabah mulai dimanjakan dengan kemudahan untuk melakukan transaksi, misalnya melakukan transfer uang. Seorang bapak yang menjadi nasabah bank cukup duduk menghadap komputer yang ada di rumahnya, mengakses situs bank, dan kemudian dengan mudah dapat mentransfer uang ke rekening anaknya. Dalam sekejap saldo tabungan anaknya telah bertambah dan proses itu bisa dilakukan di waktu tengah malam ketika sebagai besar orang sedang terlelap mimpi.
Masih banyak aplikasi lain dalam dunia
perbankan yang memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa bank memperkenalkan
layanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan pemakai dapat mengecek
saldo tabungan ataupun melakukan transaksi seperti pemindahbukuan melalui
ponsel.
Dikutip dari:
“Teknologi
Informasi” Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar